Program Keahlian Pramugari dan Staff Penerbangan

Program Keahlian Pramugari dan Staff Penerbangan

Bagi anda yang pernah atau bahkan sering bepergian keluar daerah via udara atau disebut pesawat terbang, pasti sudah sangat familiar dengan yang Namanya Pramugari dan Pramugara . mereka umumnya berseragam rapi dan berpenampilan menawan, ramah menyapa, senantiasa tersenyum serta memperhatikan segala kebutuhan penumpang selama berada didalam pesawat .

Lebih spesifik, Pramugari menyambut anda ketika memasuki pintu pesawat. Mereka lalu memastikan penumpang duduk di bangku sesuai tiket, menyampaikan petunjuk keselamatan penumpang ( safety demo ), menawarkan atau menyajikan makanan / minuman lalu selesai. Tampak mudah ya ? Tapi benarkah tugas mereka hanya sebatas itu ?Tentu saja tidak . marilah kita mengenal lebih jauh lagi tentang profesi ini :

1. Pramugari/ Pramugara secara Umum

Pramugari dan Pramugara merupakan staf atau karyawan perusahaan pengangkutan umum baik udara, darat maupun laut. Kepramugarian bertugas melayani penumpang ketiga jenis transportasi tersebut. Dalam kesempatan ini kita akan membahas masalah Pramugari dan Pramugara yang bekerja di Pesawat Udara.

2. Pramugari/ Pramugara dituntut serba bisa

Pramugari/a memiliki tugas utama menjaga keselamatan dan kenyaman penumpang sepanjang perjalanan. Tugas vital tersebut menuntut mereka harus serba bisa, karena cakupan keselamatan sangatlah luas. Segala perilaku pramugari/a mengacu pada standart kualitas pelayan ( service quality ).
Service terbaik dan berkwalitas dari Pramugari/a sebagai awak cabin professional menjadi factor penentu berhasil dan eksisnya sebuah maskapai penerbangan dengan kata lain Pramugari/a merupakan ujung tombak sebuah maskapai penerbangan .

Berikut ini hal hal yang menjadi kewajiban Pramugari/a selama di pesawat:

A. Sebagai Pengawas Penumpang

Ketika Pramugari Pramugara menyambut penumpang dipintu pesawat, dia tidak sekedar menyambut tapi mereka juga mengawasi perilaku dan sikap penumpang yang masuk , mereka dapat mendetek awal bagaimana psikologi penumpang saat itu mungkin ada penumpang yang gelisah , takut atau ada yang kurang sehat . bila itu terjadi maka dalam perjalanan Pramugari akan mendampingi agar penumpang tersebut bisa tenang dan dapat menjalani perjalanan dengan nyaman.

B. Menyediakan makanan dan minuman

Perjalanan menggunakan pesawat terbang, terutama untuk perjalanan Panjang, biasanya dibarengi penyediaan makanan dan minuman. Setelah pesawat tinggal landas, Pramugari/a dengan terampil dan teratur membagikan makanan dan minuman, selanjutnya dalam jeda tertentu akan mengambil sampah dan tempat makanan yang telah kosong. Selain makanan, kebutuhan lain penumpang juga harus dilayani pramugari/a dengan senang hati, misalnya mengarahkan penumpang yang ingin ke toilet, menunjukkan tempat duduk sesuai tiket atau membantu menyimpan barang di luggage bins. Saking bertanggung jawabnya , pernah ada pramugari yang yang menggendong penumpang lansia turun dari pesawat .

C. Mengingatkan Peraturan di Pesawat kepada Penumpang

Peraturan dasar ketika naik pesawat telah disampaikan secara umum dan jelas sebelum pesawat lepas landas. Peraturan tersebut diantarana penumpang harus memasang sabuk pengaman, menegakkan sandaran kursi, tidak menyalakan perangkat elektronik yang akan mengganggu dan sebagainya. Tugas ini cukup menantang karena ada saja penumpang yang bandel, sehingga rentan konflik. Pramugari dituntut tegas menegakkan peraturan sembari tetap menjaga kenyaman penumpang lainnya .

D. Bertanggung jawab atas keamanan penumpang dan siap siaga dalam keadaan darurat.

Bentuk tanggung jawab yang pertama adalah menyampaikan prosedur petunjuk keselamatan serta memperagakan Safety Demo. Jika terjadi situasi yang tak terduga terkait mesin atau teknis penerbangan. Pramugari/a dituntut terampil mengelola massa agar tidak panik berlebihan. Pramugari/a harus sigap mengarahkan massa menuju pintu darurat. Jangan sampai terjadi situasi kacau dan gaduh karena itu akan lebih membahayakan jiwa seluruh penumpang.

E. Harus mampu mengendalikan emosi

Masyarakat awam kadang punya asumsi bahwa seorang Pramugari itu harus cantik dengan tubuh yang nyaris sempurna! Padahal hal itu bukan merupakan yang utama. Karena seperti yg dilakukan di P3NUSANTARA , canthik dengan tubuh ideal mudah dibentuk, tapi hal yang paling utama adalah seorang Pramugari harus mampu mengendalikan emosinya, apapun situasi hatinya sedih, marah, bahkan sedang sakitpun seorang pramugari harus tetap tampil menyenangkan dengan senyum yang tulus. Hal ini memang tidak mudah dan tidak bisa dipelajari saja, tapi harus dilatih secara continue .

Untuk menjadi sosok yang memiliki inner beauty , attitude yang sangat dibutuhkan oleh maskapai penerbangan , silahkan bergabung dengan P3NUSANTARA karena hanya di P3NUSANTARA Program ini dilakukan , Program di P3NUSANTARA menjadikan siswa memiliki kepribadian yang menyenangkan dan Tangguh .Hargailah hidup yang hanya sekali sebagai orang yang terhormat .selamat bergabung di P3NUSANTARA ….